Puasa Ayyamul Bidh, Puasa Sunnah Awal Tahun

Sebagai umat muslim, puasa adalah salah satu rukum iman yang harus kita teladani. Puasa Ramadhan, adalah puasa wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat Islam. Namun masih ada puasa sunnah lain seperti puasa Ayyamul Bidh yang harus kamu tahu.

Puasa sunnah yang sering kita ketahui adalah, puasa dzulhijah, puasa rajab, atau puasa senin-kamis. Namun tahukah kamu tentang puasa Ayyamul Bidh? Jika kamu belum banyak tahu, mari kita bahas di artikel ini.

Puasa Ayyamul Bidh bermula ketika Nabi Adam turun ke bumi. Puasa ini juga dikenal sebagai puasa hari-hari putih (Ayyamul Bidh). Mengapa disebut dengan hari putih? Karena pada hari itu bertepatan dengan terang bulan atau bulan purnama.

Menurut kitab Umdatul Qai Syarah Shahihul Bukhari, nama Ayyamul Bidh berdasarkan kisah Nabi Adam turun ke bumi. Saat Nabi Adam pertama kali turun ke bumi tubuhnya gosong karena terbakar oleh matahari.

Allah memerintahkan kepada Nabi Adam untuk puasa selama 3 hari berturut-turut. Pada hari pertama puasa, sepertiga tubuh Nabi Adam pun berubah menjadi putih. Pada hari kedua setengah tubuhnya kembali memutih, dan pada hari ketiga tubuhnya sudah putih sempurna.

Untuk lebih mengetahui tentang puasa Ayyamul Bidh ini, simak pembahasan dibawah ini dan jangan di skip agar ilmu kita menjadi bertambah dan bermanfaatnya ya.

Pengertian Puasa Ayyamul Bidh dan Keutamaannya

Perlu kita ketahui, bahwa puasa sunnah bagi umat Islam ternyata ada banyak. Salah satunya adalah Puasa Ayyamul Bidh ini.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada awal tahun atau pertengahan tahun Hijriyah. Puasa ini dilaksanakan pada tanggal 13, 14, 15 awal Hijriyah atau 13, 14, 15 Jumadil Akhir.

Jika dilihat dari kalender Masehi tahun 2023 ini, puasa Ayyamul Bidh ini jatuh pada tanggal 6, 7, 8 Januari 2023. Puasa ini dapat dilakukan seperti puasa sunnah lainnya. Jika kamu hanya bisa melakukan satu hari di salah satu tanggalnya, tidak apa-apa.

Menjalankan ibadah puasa sunnah Ayyamul Bidh memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah menghindarkan diri dari siksa kubur, dan jauh dari kemiskinan.

Selain itu pahala yang didapat dari menjalankan ibadah puasa ini adalah jika dilakukan tiga hari berturut-turut maka ganjarannya seperti melakukan satu tahun puasa. Hal ini dikarenakan setiap 1 hari puasa sunnal Ayyamul Bidh pahalanya dilipatkan menjadi 10x lipat.

Jika dilakukan selama 3 hari menjadi 3x10 yaitu 30 hari. Seperti jumlah hari berpuasa di bulan Ramadhan.

Selain mendapatkan keutamaan seperti yang sudah dijelaskan diatas, berpuasa sunnah juga memiliki banyak manfaat bagi diri kita. Apa saja manfaat yang akan didapat?

  1. Meningkatkan sistem imun.

Sudah bukan rahasia lagi jika berpuasa bisa membuat badan kita menjadi sehat. Karena dengan berpuasa dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini bisa mencegah kita dari serangan penyakit.

  1. Meringankan saluran pencernaan

Salah satu hal yang membuat sehat karena berpuasa adalah, karena pencernaan kita yang lebih ringan dalam bekerja. Selain itu jadwal makan kita juga menjadi lebih teratur, jadi pencernaan kita tahu kapan bekerja dan kapan beristirahat.

  1. Mendetoks tubuh

Puasa adalah salah satu cara bagi tubuh kita untuk mendetoks segala racun yang ada. Racun ditubuh akan mudah keluar jika kita berpuasa. Hilangnya racun-racun dalam tubuh tentunya akan membuat badan kita menjadi lebih sehat.

Nah itu dia pembahasan tentang Puasa Ayyamul Bidh yang perlu kamu ketahui. Smoga bisa menjadi manfaat dan terima kasih sudah menyimak sampai habis ya.