Penggunaan preposisi dalam bahasa Inggris: Tips dan contoh penggunaannya

Preposisi dapat diartikan sebagai kata hubung atau dalam bahasa inggris biasa disebut sebagai preposition. Kata ini biasanya digunakan untuk bisa memberikan keterangan terkait waktu, tempat, arah dan juga posisi. Beberapa jenis preposisi yang paling sering digunakan dalam bahasa inggris yaitu In, On dan juga At. Berikut cara penggunaan preposisi dalam bahasa inggris : Tips dan contoh penggunaannya

Mengetahui Penggunaan Preposisi Bahasa Inggris dengan Tepat

  1. Penggunaan Preposisi (On)

Jenis preposisi yang satu ini biasanya digunakan untuk bisa memberikan keterangan tempat dan waktu. Jika digunakan untuk menjelaskan waktu maka preposisi yang digunakan akan diikuti dengan menunjukkan hari tertentu. Contoh sederhananya yaitu sebagai berikut :

Saya Biasanya Berjalan ke Kantor pada hari Senin

(I Usually Walk to Work on Mondays)

Di sisi lain saat mendeskripsikan tempat, Anda juga dapat menggunakan On untuk mendeskripsikan objek yang berada di atas tempat tersebut seperti pada tempat yang besar atau tempat yang kecil. Sebagai contohnya :

Kami bermain sepak bola di lapangan

(We Played Soccer on The Field)

Mengapa bisa menggunakan On? karena mereka berdiri di permukaan tanah lapangan dan secara harfiah dimaknai sedang berada di atas lapangan sehingga harus menggunakan On. Selain 2 hal yang disebutkan diatas, preposisi ini juga bisa digunakan untuk menunjukan posisi dari suatu benda yang ada di atas permukaan suatu tempat seperti contohnya :

Gelas ada di Atas Meja

(The Glass is on the Table)

Meski keduanya menggambarkan tempat di atas permukaan, tapi kata On tidak sama dengan above Perbedaan antara "on" dan "above" yaitu bahwa "on" menggambarkan objek yang berada di suatu tempat di dalam permukaan. Sedangkan penggunaan “Above” menggambarkan sesuatu yang berada di atas tempat yang lebih tinggi

  1. Penggunaan Preposisi (In)

Pada saat yang sama, In juga dapat digunakan menggambarkan tempat serta waktu. Saat mendeskripsikan waktu, In digunakan untuk mendeskripsikan bulan. Misalnya :

Saya lahir bulan Juli

(I Was Born in July)

Dia Mulai Sekolah Bulan Januari

(He Left for School in January)

Selain menjelaskan bulan setiap tahunnya, preposisi ini juga digunakan untuk menjelaskan musim. Misalnya:

Saya Suka Makan Es Krim di Musim Panas

(I like Eating Ice Cream in Summer)

Dia Suka Bermain Ski saat Musim Dingin

(He Enjoys Skiing in Winter)

Selanjutnya, preposisi ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan waktu dalam sehari. Misalnya :

Saya sarapan di pagi hari

(I Eat Breakfast In the Morning)

Saya pulang di Sore Hari

(I Come Home In The Afternoon)

Pengecualian yang harus dipahami yaitu Saat menjelaskan waktu di malam hari, Anda tidak bisa memakai preposisi In dan harus menggunakan At. Disisi lain saat mendeskripsikan tempat, "in" dipakai untuk mendeskripsikan tempat yang artinya "di dalam". Preposisi ini biasanya digunakan untuk menggambarkan keberadaan seseorang atau tempat dalam konteks geografis.

  1. Penggunaan Preposisi (At)

Tujuan dari preposisi ini digunakan untuk menggambarkan waktu serta tempat yang lebih spesifik. Misalnya saat menjelaskan waktu, "at" digunakan untuk menjelaskan hari dengan waktu tertentu. Misalnya :

Saya ada rapat jam 7 malam

(I Have a Meeting at 7 am)

Itulah cara penggunaan preposisi dalam bahasa inggris : Tips dan contoh penggunaannya. Anda bisa terus berlatih untuk menguasai penggunaan preposisi dalam bahasa inggris

Mempelajari preposisi bukanlah suatu hal yang dikatakan sulit namun juga tidak mudah. Anda hanya perlu lebih konsisten dalam mempelajarinya sehingga bisa memahami dengan baik