10 Format Penulisan Tanggal Bahasa Inggris yang Harus Diketahui

Format penulisan tanggal Bahasa Inggris ada banyak sekali macamnya, namun secara garis besar terbagi menjadi dua kategori yaitu British English dan American English. Penulisannya tersebut sedikit berbeda dari penulisan tanggal di Indonesia, sehingga penting untuk diketahui. Dilansir dari Visitpare.com, berikut format yang umum digunakan.

Format Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

  1. Format Pertama

Format pertama ini menjadi salah satu bentuk yang paling umum digunakan oleh banyak orang di berbagai negara. Contohnya dalam British English style “13th May 2023”, sedangkan dalam American English style menjadi “May 13th, 2023”. Perlu diketahui bahwa format tersebut biasanya cukup jarang digunakan untuk acara formal.

  1. Format Kedua

Jika ingin menulis surat yang semi formal atau mencantumkan tanggal pada undangan acara yang kesannya tidak terlalu baku, format pertama tadi bisa anda gunakan. Format tersebut sudah sesuai standar dan dapat menunjukkan kesopanan. Tapi jika ingin lebih sopan dan lebih formal lagi, anda bisa memakai format kedua ini.

Contohnya “The Twelve of May, 2023” (British English style) atau “May The Twelve, 2023” (American English style). Bentuk penulisan tanggal dengan format seperti itu biasanya ditemukan pada surat resmi, surat kedinasan, surat undangan, dan lain sebagainya yang tingkatan acaranya formal. Di bangku sekolah, anda pasti pernah sekilas diajarkan mengenai materi tersebut.

  1. Format Ketiga

Format berikutnya tergolong sangat sederhana dan bisa dibilang paling mudah diterapkan. Pasalnya format ini hanya perlu menggunakan angka, termasuk dalam hal penulisan bulannya. Misalnya bulan May, maka bisa langsung ditulis menggunakan angka ‘5’ yang menunjukkan urutan bulan tersebut dalam satu tahun.

Contoh format ketiga ini yaitu “12/5/2023” untuk British style dan “5/12/2023” untuk American style. Keduanya menunjukkan tanggal 12 May 2023, hanya saja penulisan antara tanggal dan bulannya saling berkebalikan. Biasanya format penulisan tersebut bisa dengan mudah ditemukan pada memo, surat pemberitahuan, ataupun surat pribadi.

  1. Format Keempat

Berikutnya, format yang bisa dibilang spesial. Kenapa ? Sebab penulisan tanggal Bahasa Inggris menggunakan format ini mempunyai fungsi ganda, dimana format penulisannya dapat digunakan untuk suatu hal yang resmi maupun tidak resmi. Itu karena penulisannya sangat fleksibel, sehingga dapat digunakan di berbagai dokumen. Contohnya yaitu “13/05/23” (British) atau “05/13/23” (American).

  1. Format Kelima

Penulisan tanggal dengan format kelima ini sebenarnya hampir mirip dengan format keempat dan ketiga, jadi penggunaannya bisa saling bergantian tergantung kebutuhan anda masing masing. Dari format ketiga, perbedaannya hanya terletak pada penulisan angka tahunnya saja dan fungsinya tetap sama.

Contoh penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris dengan format kelima ini yaitu “13/5/23” (British) dan “5/13/23” (American). Kedua bentuk penulisan tersebut sama sama menunjukkan tanggal 5 May 2023. Anda bisa menggunakannya pada surat yang bersifat non formal seperti surat pribadi dan lain sebagainya.

  1. Format Keenam

Berikutnya ada format yang hampir mirip dengan format pertama di atas. Contohnya “13 May 2023” untuk British English style dan “May 13, 2023” untuk American English style. Jika dilihat sekilas memang benar benar sangat mirip. Perbedaannya hanya terlihat pada imbuhan yang diberikan di bagian penulisan tanggal.

Untuk format keenam ini tidak ada imbuhan kata st, nd, rd, ataupun th yang mengikuti di belakang angka. Meskipun sedikit berbeda, fungsinya tentu tetap sama. Bahkan penulisan tanggal dengan format tersebut menggunakan gaya UK atau British, sangat mirip dengan format penulisan di Indonesia sehingga akan memudahkan anda.

  1. Format Ketujuh

Format ketujuh ini adalah format pelengkap dari format pertama yang umum digunakan. Jadi penulisan tanggal, bulan, dan tahun kurang lebih tetap sama dengan fungsi yang juga tidak berbeda. Hanya saja anda bisa menambahkan penulisan hari di bagian depan. Penulisan hari inilah yang menjadi perbedaan signifikan dari format format sebelumnya.

Contohnya “Saturday, May 13th 2023” atau “Sunday, May 14th 2023” dan lain sebagainya. Tidak harus selalu mengikuti format pertama, anda pun bisa menggabungkan format ketujuh yang diberi tambahan keterangan hari dengan format lainnya. Itulah kenapa disebut sebagai format pelengkap, jadi anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masing masing.

  1. Format Kedelapan

Selanjutnya ada format pelengkap untuk menjelaskan atau menegaskan di tahun mana kita berada saat ini. Contoh format ini yaitu “Anno Domini (masehi)”, yaitu penanggalan tahun yang digunakan pada kalender Julian dan Gregorian. Jadi sifatnya tentu tidak wajib alias opsional tergantung yang anda butuhkan.

  1. Format Kesembilan

Hampir mirip dengan format sebelumnya, ini adalah format pelengkap yang menjadi singkatan penting untuk digunakan. Contohnya “Before Christ (sebelum masehi), anda pasti pernah mendengar istilah untuk format tersebut setidaknya sekali. Di Indonesia memang cukup jarang digunakan, jadi sifatnya opsional.

  1. Format Kesepuluh

Terakhir, ada format yang biasanya tergantung pada suatu tanggal penting. Oleh karena itu, biasanya penulisannya hanya perlu menyebutkan nama harinya saja, tidak diberi embel embel tanggal. Penulisan tanggal Bahasa Inggris dengan format ini contohnya yaitu “Eid Mubarak day” atau “Valentine day”. Karena merupakan tanggal penting, orang sudah tahu tanggalnya hanya dengan menyebut hari tersebut.

Aturan Penulisan Tanggal dengan Kalimat Bahasa Inggris

  1. Penggunaan Angka Ordinal

Selain mengetahui beberapa format seperti yang telah disebutkan di atas. Sebaiknya anda memahami aturan dalam penulisan tanggalnya saat menggunakan Bahasa Inggris. Saat memakai angka ordinal misalnya, ini penting diperhatikan. Angka ordinal yaitu angka yang menunjukkan urutan atau posisi sesuatu. Mulai dari first, second, third, dan seterusnya.

Di British English, tulisan formal sering menggunakan ordinal number. Namun perlu dipahami bahwa angka ordinal tersebut lebih sering dipakai saat speaking di American English. Contohnya “My birthday is on My27” (American), sementara penulisan dengan gaya British menjadi “My birthday is on 27th May”. Walaupun penulisannya sedikit berbeda, keduanya dibaca seperti ordinal number.

  1. Pemakaian Tanda Koma Setelah Tanggal

Untuk memisahkan tanggal dan bulan dari tahun, penulisan tanggal dalam American English biasanya menggunakan tanda koma. Namun penulisan tanggal Bahasa Inggris menggunakan style British tidak demikian. Biasanya penulisan tanggal ala British English langsung saja seperti penulisan pada umumnya, tidak ada tambahan tanggal dalam kalimat.

Contoh style American “My grandfather passed away on November 18, 2015”. Sementara contoh penulisannya jika menggunakan style British yaitu “My grandfather passed away on 18 November 2015”. Keduanya memiliki arti yang sama, “Kakekku meninggal pada tanggal 18 November 2015”.

Terlihat rumit ? Sebenarnya tidak juga jika anda sudah terbiasa. Formatnya bisa dipilih salah satu sesuai dengan kebutuhan masing masing. Dan jangan lupa perhatikan aturan penulisan seperti yang telah dijelaskan di atas. Baik menggunakan gaya penulisan American English maupun British English, keduanya sama sama benar dan tidak ada salah satu yang salah. Jadi anda tidak perlu khawatir.