Cara Membangun Kemampuan Grammar dalam Bahasa Inggris mulai dari 0

Bagi Sebagian orang, belajar bahasa Inggris ialah hal yang sulit dipelajari. Terlebih lagi, jika belum menguasai dasar bahasanya sama sekali. Tidak perlu takut mencoba, selama memiliki tekad yang kuat, maka kini waktunya anda mulai belajar grammar atau tata bahasanya. Berikut apa saja cara membangun kemampuan grammar dalam bahasa Inggris di bawah ini.

Tips Meningkatkan Kemampuan Grammar dari 0

  1. Pelajari Noun atau Kata Benda

Hal pertama yang perlu dipelajari pada grammar yaitu noun atau kata benda terlebih dahulu. Penggunaan noun pada sebuah kalimat bisa digunakan sebagai subjek, objek atau objek preposisi. Noun ialah salah satu kata yang memiliki jumlah dan macam terbanyak dalam bahasa Inggris. Untuk pemula, jenis noun yang harus dipelajari yaitu singular noun dan plural noun.

Singular noun ialah kata benda tunggal yang hanya menunjukkan satu orang, benda, hewan, atau ide. Dikarenakan jumlahnya satu, kalimat singular noun diawali dengan kata a, an, atau one. Sementara itu, plural noun ialah kata benda jamak yang menunjukkan lebih dari satu orang, benda, hewan, hal atau ide. Benda lebih dari satu harus ditambahkan s/es dibelakangnya.

  1. Pelajari Pronoun atau Kata Ganti

Setelah noun, anda bisa belajar kata ganti atau pronoun untuk menggantikan noun. Kata benda yang sudah disebutkan sebelumnya bisa digantikan dalam sebuah kalimat sehingga tidak perlu menuliskan benda tersebut berulang-ulang. Adapun macam-macam pronoun yaitu I, you, they, we, he, she, it, dan lainnya.

  1. Pelajari Verb atau Kata Kerja

cara membangun kemampuan grammar dalam bahasa Inggris selanjutnya yaitu dengan mempelajari verb atau kata kerja dan tenses. Bisa dibilang verb ialah jantung dari sebuah kalimat bahasa Inggris karena tanpanya tidak bisa disebut sebagai kalimat yang benar. Beberapa contohnya yaitu eat (makan), drink (minum) dan sleep (tidur).

  1. Belajar Tenses

Perlu diketahui bahwa tenses ialah bentuk kata kerja yang berguna untuk menunjukkan waktu. Ada tiga jenis tenses bahasa Inggris yang perlu dipelajari bagi pemula, seperti simple present tense, present continuous tense dan simple past tense. Setiap tenses memiliki kegunaan yang berbeda-beda sesuai dengan waktu penggunaan dan konteks kalimat.

  1. Pahami Subject-verb Agreement

Subject-verb agreement ialah konsep dimana subjeknya harus sejajar dengan kata kerja pada suatu kalimat. Jika subjeknya tunggal, maka kata kerjanya juga harus tunggal, seperti My father likes to eat pizza. Kalimat yang memiliki subjek jamak, kata kerjanya juga wajib jamak, contohnya I come from Indonesia.

Jika subjek terdiri dari dua atau lebih noun atau pronoun dan dihubungkan oleh and, gunakan kata kerja jamak. Peraturan selanjutnya yaitu jika satu subjek memiliki lebih dari satu kata kerja, maka seluruh kata kerjanya wajib sesuai dengan subjeknya. Lalu, subjek yang tergolong kata benda countable harus memiliki kata kerja tunggal.

  1. Jenis Kalimat

Dalam bahasa Inggris, ada banyak jenis kalimat yang penting dipelajari. Sebagai pemula, anda wajib mengenali jenis kalimat bahasa Inggris sesuai dengan bentuknya, seperti positif, negative dan tanya. Ketiganya sama seperti jenis kalimat bahasa Indonesia dimana ada kalimat positif, kalimat negatif dan interogatif.

Itulah apa saja cara membangun kemampuan grammar dalam bahasa Inggris yang bisa dilakukan mulai dari 0 atau materi yang termudah. Dengan ini, anda tidak akan bingung lagi mencari urutan materi tata bahasa yang perlu dipelajari ataupun untuk mengetahui macam-macam dialog versi inggris. Kemampuan bahasa Inggris pun semakin meningkat karena grammar ialah salah satu kunci yang sangat penting dalam mempelajari bahasa Inggris.